Jumat, 20 April 2012

PLN Akan Import Listrik Dari Malaysia Untuk Kalimantan Barat | Gugling

PLN Akan Import Listrik Dari Malaysia Untuk Kalimantan Barat | Gugling

Link to Gugling

PLN Akan Import Listrik Dari Malaysia Untuk Kalimantan Barat

Posted: 19 Apr 2012 11:14 PM PDT


PLN Tahun 2014 mendatang, PLN berencana akan mengimport listrik dari Serawak-Malaysia untuk kebutuhan listrik di Kalimantan Barat. Rencananya, PLN akan mengimport 50 megawatt listrik pada tahap pertama.

Kebijakan mengimport listrik dari Malaysia tersebut untuk menggantikan pembangkit listrik berbahan bakar minyak yang dimana biaya pokok produksinya mahal.

Menurut informasi data yang dikeluarkan oleh Dirjen Listrik Kementerian ESDM, Jarman, saat ini biaya pokok produksi listrik dari pembangkit listrik berbahan bakar minyak adalah 30 sen dolar/kwh, sedangkan Malaysia menjual listrik 9 sen dolar/kwh.

Jarman pun menambahkan, bahwa import listrik dari Malaysia ini tidak akan membuat PLN ketergantungan dengan listrik dari Malaysia. PLN Indonesia hanya boleh import listrik tidak lebih dari cadangan rata-rata listrik di wilayah Kalimantan Barat tersebut.

Perjanjian jual beli listrik dengan Malaysia ini akan berlaku selama 5 tahun, jika dalam jangka waktu 5 tahun tersebut PLN belum mampu untuk membangun pembangkit listrik yang dapat menyuplai kebutuhan listrik di Kalimantan Barat maka perjanjian tersebut akan diperpanjang.

Artikel terkait

Lionel Messi Masuk Tokoh Berpengaruh Dunia Tahun 2012 Versi Majalah TIME

Posted: 19 Apr 2012 05:42 PM PDT


Lionel Messi di majalah TIME

Lionel Messi di majalah TIME

Lionel Messi memang salah satu pemain yang paling disegani di dunia sepakbola. kemampuan olah bola pemain Barcelona ini memang tidak ada duanya. Barcelona dan tim nasional Argentina merasakan bagaimana berpengaruhnya seorang Messi bagi mereka.

Baru-baru ini majalah terkemuka di Amerika Serikat, TIME, mengeluarkan daftar 100 orang berpengaruh di tahun 2012. Striker Barcelona itu menjadi bagian dari daftar tahunan tokoh yang paling berpengaruh di dunia.

Messi menempati posisi 88 dan satu-satunya pesepakbola yang masuk ke dalam tokoh berpengaruh majalah TIME tersebut.

Meski satu-satunya pesepakbola yang masuk daftar, namun dari cabang olahraga lain, majalah TIME mencantumkan dua nama lain sebagai tokoh berpengaruh 2012, ada pebasket Jeremy Lin dan Novak Djokovic dari cabang tenis.

Baca juga: Jika Ilmuwan Berbicara Soal Kehebatan Messi

Messi juga menjadi salah satu atlet yang pernah menjadi cover dari majalah TIME beberapa waktu yang lalu. Ia dianggap sejajar dengan atlet legendaris macam Tiger Woods, Michael Jordan dan Muhammad Ali yang wajahnya pernah menghiasi majalah kenamaan di Amerika Serikat itu.

Dalam list yang dikeluarkan oleh majalah TIME terdapat juga nama penyanyi asal Ingris, Adele, Presiden Amerika Barcak Obama, Menteri Luar Negeri Hillary Clinton, Kanselir Jerman Angela Merkel dan adik dari Kate Middleton yaitu Pippa Middleton.

Artikel terkait

ads

Ditulis Oleh : HANGGAR19 Hari: 12.07 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll