Rabu, 18 April 2012

Kupas Tuntas Kartu Inafis. Apa Bedanya Dengan e-KTP? | Gugling

Kupas Tuntas Kartu Inafis. Apa Bedanya Dengan e-KTP? | Gugling

Link to Gugling

Kupas Tuntas Kartu Inafis. Apa Bedanya Dengan e-KTP?

Posted: 18 Apr 2012 03:53 AM PDT


Kartu-InafisSudah pada tau kartu Inafis? Kartu Inafis atau Indonesia Automatic Fingerprint Identification System Card ini resmi dikeluarkan oleh Mabes Polri pada Selasa, 17 April 2012. Kartu iniberfungsi sebagai data lengkap setiap warga Indonesia.

Pada kartu ini terdapat sebuah chip yang merekam data seluruh biodata kehidupan si empunya kartu tersebut. Dari nama, tempat tanggal lahir, foto, sidik jari, nomor kendaraan, nomor BPKB, nomor KTP, nomor SIM, nomor paspor, nomor sertifikat rumah bahkan nomor rekening bank pun terekam di dalamnya.

Sebelum diluncurkan hari Selasa kemarin (17/04/12), kartu ini diujicoba pertama kali pada 30 Januari 2009 dimana Presiden Susilo Bambang Yudhoyono adalah orang pertama yang memiliki kartu Inafis tersebut.

Komisaris Jenderal Sutarman selaku Kepala Badan Reserse Kriminal Polri mengklaim kartu Inafis ini sangat jauh berbeda dengan e-KTP yang dikeluarkan oleh Mendagri. Kartu Inafis ini lebih kepada identifikasi penduduk secara keseluruhan dan langsung terdapat pada server komputer yang terpusat di negara. Dengan kata lain, kalau e-KTP hanya memiliki data kependudukan saja tetapi Inafis ini memiliki data lebih dari sekedar adiministrasi kependudukan saja.

Selain menyimpan data administrasi secara lengkap, kartu Inafis ini juga dapat digunakan untuk beberapa kepentingan lainnya, yaitu:

1. Kepentingan instansi pajak. Jika nilai kekayaan seseorang naik dari 10% menjadi 20%, negara bisa langsung mendebet wajib pajak tersebut dari rekening yang bersangkutan.

2. Kartu Inafis ini juga dapat berfungsi sebagai kartu tilang. Jadi, pembayaran tilang hanya tinggal mendebet dari rekening yang bersangkutan.

3. Sejak diluncurkannya kartu ini, bagi masyarakat yang ingin membuat SIM baru harus menyertakan kartu Inafis.

4. Sebagai Kartu identitas tunggal dalam Pemilu. Sehingga nantinya tidak akan ada pemilih, daftar pemilih, dan identifikasi dobel lagi.

Hingga saat ini telah terdapat 41 titik pembuatan kartu Inafis di Pulau Jawa. Untuk wilayah DKI Jakarta terdapat 18 pos. Yaitu 6 pos di Jakarta Selatan, 9 Pos di Daan Mogot Jakarta Barat dan 3 Pos di Jakarta Pusat.

Terhitung sejak hari kemarin (Selasa, 17 Agustus 2012) pembuatan kartu Inafis ini gratis untuk 5.000 orang pembuat pertama. Setelahnya, masyarakat akan dikenakan biaya sebesar Rp. 35.000.

Kesimpulan:
Secara keseluruhan kartu ini berfungsi sangat banyak, tapi mengapa tidak dijadikan satu dengan e-KTP. Karena menurut saya terlalu banyak kartu hanya memenuh-menuhkan dompet saja. Lagi pula, pendebetan otomatis sangat tidak etis. Karena tanpa persetujuan sang pemilik, hal tersebut sangatlah rawan dan memicu kontroversi dikemudian harinya.

Ini menurut saya, bagaimana menurutmu?

Artikel terkait

Mei 2012, Kendaraan Plat Merah Wajib Pakai Pertamax

Posted: 17 Apr 2012 11:16 PM PDT


Mulai awal Mei 2012 mendatang, semua jenis kendaraan milik negara dan daerah diharuskan menggunakan bahan bakar minyak non subsidi atau pertamax. Peraturan ini berlaku bagi semua jenis kendaraan plat merah daerah Jabodetabek, Jawa dan Bali. Hal tersebut diumumkan oleh Direktur Jenderal Migas Kementrian ESDM, Evita Legowo.

Diperkirakan 10.000 unit mobil milik pemerintah di seluruh Indonesia yang akan menjadi proyek percontohan penggunaan bahan bakar minyak non subsidi.

Mobil-Plat-Merah-Dilarang-Pakai-Premium

Kebijakan pemerintah ini mendapat cibiran dari instansi-instansi daerah, karena kebijakan ini dianggap dapat membuat APBD daerah sekarat. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Bantul, Agus Effendy. Beliau mengatakan kebijakan ini menguntungkan pemerintah pusat, namun bagi APBD pemerintah daerah akan sangat memberatkan. Beliau mengambil contoh mobil ambulans yang memakai plat merah. Namun karena tidak kuat membeli Pertamax, maka ambulans pun tidak dapat beroperasi membantu mengantarkan orang-orang sakit ke rumah sakit.

Meskipun ada efisiensi dalam berbagai kegiatan dengan menggunakan mobil namun dengan disparitas harga yang mencapai lebih dari 100 persen antara premium dan pertamax maka dengan mengurangi jatah BBM 50 persen lebih banyak mengeluarkan uang untuk membeli BBM pertamax.

Baca juga: Bagaimana Jika Anda 'Dipaksa' Menggunakan Pertamax?

Selain pemerintah daerah yang mendapatkan kesulitan dengan kebijakan baru ini, petugas SPBU pun mengalami kesulitan karena akan menambah beban kerja karyawan SPBU yang harus memperhatikan plat mobil yang akan membeli BBM. Bisa jadi juga, mobil plat merah dapat diganti plat hitam oleh pemakainya agar dapat tetap membeli premium.

Tidak hanya pemerintah daerah dan SPBU saja yang mengalami kesulitan dengan kebijakan pemerintah pusat tersebut. Dari lingkungan PNS sendiri mengeluhkan adanya kebijakan ini yaitu para PNS merasa kebijaksanaan tersebut tidak realistis. Pasalnya, menurut PNS, uang yang diberikan pemerintah untuk jatah bensin dan oli hanya sekitar 1 juta perbulan untuk mobil dinas 2000cc. Kebijakan tersebut akhirnya berbuntut kepada PNS yang harus menombok dan terpaksa menyisihkan sebagian uang gaji mereka untuk membeli pertamax.

Artikel terkait

Inilah Penyebab Kenapa Pemain Bola Rawan Terkena Serangan Jantung

Posted: 17 Apr 2012 09:05 PM PDT


Serangan jantung Morosini

Serangan jantung Morosini. Ketika serangan jantung menyerang, nyawa hampir tidak bisa diselamatkan.

Kasus kematian beberapa pemain bola yang bahkan terjadi saat bertanding di lapangan membuat saya penasaran, kenapa pemain bola rawan terkena serangan jantung? Apalagi kematian Piermario Morosini yang tiba-tiba saat tengah bertanding melawan Pescara pada Sabtu (14/4/2012) kemarin, penyebabnya juga karena serangan jantung.

Saya pun lantas menghubungi seorang teman di Bima yang kebetulan juga seorang dokter umum. Berikut tanya jawabnya:

1. Kenapa kok pemain bola rawan terkena serangan jantung? Padahal dari segi fisik, mereka jauh lebih baik ketimbang orang awam. Dan pola makan + gaya hidup juga lebih dikontrol.

Yang menentukan adalah faktor psikologisnya, stres yang menyebabkan peningkatan adrenalin yg memberikan kontribusi juga untuk penyempitan pembuluh darah yang mensuplai jantung. Apalagi tekanan psikologis dari penonton seandainya kalah bertanding.

Stress, cemas, emosi, takut kalah, tegang ditonton oleh banyak penonton, itu menberikan kontribusi.

2. Kalau dikatakan karena gerak ritmis tidak teratur (sebentar lambat, sebentar cepat) dan stress, apa ada faktor lain?

Faktor lain hampir tidak ada, faktor psikologis beban mental yang menonjol.

3. Gimana caranya untuk menghindari terjadinya serangan jantung khusus pada olahragawan (terutama pemain bola dalam hal ini).

Mencegahnya dengan meningkatkan daya tahan mental, belajar relaksasi dll agar terlatih tdk cemas, takut dan gugup. Kemudian gaya hidup sehat harus BENAR-BENAR dikontrol.

4. Apakah benar jika orang terkena serangan jantung, maka tenggat waktunya kurang lebih 1 jam sebelum otot jantungnya rusak semua? Kalau otot jantung sebagian rusak, apa masih bisa diselamatkan?

Betul, makanya harus cepat mendapat pertolongan medis. Kalau ga cepat kerusakan bisa meluas dan orang itu meninggal.

5. Benarkah jantung tidak bisa regenerasi?

Semua organ tubuh pada dasarnya bisa regenerasi, tapi ada yang regenerasinya lambat atau hampir tidak bisa regenerasi. Kalau yang lambat seperti otot jantung, otak, ginjal dan hati. Regenerasi pada hati lebih cepat daripada jantung.

Sedangkan kulit dan rambut termasuk yang regenerasinya cepat.

Hingga saat ini, FIFA pun masih mencari solusi terbaik untuk mencegah pemain bola meninggal di lapangan karena serangan jantung yang tak terdeteksi. Berbagai pencegahan seperti pemeriksaan kesehatan selalu dilakukan. Semoga saja Piermario Morosini menjadi nama terakhir dari daftar pemain bola yang meninggal karena serangan jantung.

Credit to: Sofian Christian. Thanks men *beer

Artikel terkait

Rumor: iPad Mini Bakal Dijual Separuh Harga iPad Baru

Posted: 17 Apr 2012 05:02 PM PDT


iPad mini

Apakah iPad akan segera punya 'adik'?

Setelah kemunculan iPad baru generasi ketiga, rumor terkni produk Apple ialah seputar kemunculan iPad mini. Disebut-sebut bahwa iPad mini akan dijual separuh dari harga iPad baru, yakni di kisaran harga 249=299 US Dollar.

Menurut Slash Gear dan NetEase, Apple akan segera merilis tablet mini yang kemungkinan diberi nama iPad mini. Rencananya peluncurannya akan dilaksanakan pada kuartal ketiga tahun 2012 ini. Salah satu tujuannya tentu saja untuk menghabisi pasar Kindle Fire dari Amazon.

Seperti biasa, tak ada asap tanpa api. Rumor kemunculan iPad mini ini pun karena adanya ‘rahasia’ yang ditemukan. Yakni Apple diketahui sudah melakukan kerjasama dengan AU Optronics asal Taiwan dan LG Display asal Korea Selatan untuk mengerjakan panel iPad mini tersebut.

Tapi belum pasti apakah iPad mini tersebut bakal djual bebas ke pasaran seperti iPad versi sebelumnya. Karena kabar yang beredar menyatakan bahwa Apple hanya akan menguji iPad dengan desain yang lebih kecil. Bila diproduksi massal, kemungkinan ini hanya akan jadi prototipe.

Sebelum meluncurkan iPad dengan layar berukuran 9,7 inch seperti sekarang, Apple yang saat itu masih dipimpin Steve Jobs pernah mencoba tablet dengan ukuran layar yang lebih kecil pada tahun 2010.

Jika benar, maka iPad mini akan diluncurkan dengan ukuran layar 7,85 inch dan resolusi yang sama dengan iPad 2, 1024 x 768 piksel.

Artikel terkait

ads

Ditulis Oleh : HANGGAR19 Hari: 13.32 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll