Senin, 08 Oktober 2012

Time Capsule, Harta Karun Steve Jobs Yang Terhilang | Gugling

Time Capsule, Harta Karun Steve Jobs Yang Terhilang | Gugling

Link to Gugling

Time Capsule, Harta Karun Steve Jobs Yang Terhilang

Posted: 07 Oct 2012 11:22 PM PDT


time-capsule-steve-jobs-aspen-colorado

Aspen Time Capsule yang berisikan harta karun Steve Jobs. Image: lifelibertytech.com

Setelah kepergian mendiang Steve Jobs sang inovator teknologi dari Apple, warisannya pun banyak diburu. Selain biografinya yang menceritakan kisah hidup seorang Jobs, banyak peninggalan Jobs yang diburu. Jika sebelumnya ada iPod Shuffle bertandatangankan Steve Jobs yang dilelang, ternyata masih ada yang tak kalah berharga.

Harta karun yang dimaksud ialah sebuah mouse dari komputer Apple Lisa. Mouse tersebut terkubur di dalam time capsule pada tahun 1983 silam. Sejatinya, harta karun itu direncanakan untuk digali kembali 27 tahun kemudian. Tapi sayang, hingga hari ini keberadaan time capsule itu masih misterius. Diduga harta karun itu masih ‘perawan’.

Marcel Brown dari lifelibertytech.com menyatakan bahwa tak seorang pun tahu persis dimana lokasi harta karun itu dikuburkan. Dokumen yang menunjukkan peta harta karun itu juga telah hilang. Bahkan sang pemilik tanah yang diduga merupakan lokasi penguburan time capsule itu tak bersedia jika tanahnya digali.

Brown sendiri memperoleh informasi ini dari John Celuch, klien Brown yang tengah memberikan rekaman pidato Steve Jobs di IDCA pada tahun 1983. John bercerita mengenai rahasia sesudah pidato Jobs kala itu, yakni sebuah time capsule yang dikuburkan bersama peninggalan Steve Jobs.

Brown pun semakin yakin ketika menemukan sebuah artikel koran tahun 2010 yang berjudul “Setelah 27 tahun, lokasi time capsule Aspen masih misterius.”

Bagaimana ceritanya kok Steve Jobs bisa menguburkan sebuah mouse dalam time capsule?

27 tahun silam, Jobs tengah berpidato di International Design Conference, Aspen, Colorado. Setelah berpidato mengenai “The Future Isn't What It Used To Be”, seorang panitia bernama John Celuch bertanya pada Steve Jobs apakah ada sesuatu yang ingin ia sertakan dalam time capsule.

Setelah berpikir selama beberapa saat, Jobs kemudian mencabut mouse dari komputer Apple Lisa dan memberikannya pada John untuk dikubur dalam time capsule. Menariknya, John menyatakan bahwa time capsule ini tidak digali sesuai rencana awal. Ia pun juga tidak begitu ingat kapan dan dimana lokasi time capsule itu dikuburkan.

Saat ini Brown bersama John tengah berusaha mencari pihak terkait yang ikut dalam acara penguburan time capsule tersebut.

Pabrik iPhone di China Rusuh Lagi

Posted: 07 Oct 2012 10:37 PM PDT


pabrik-foxconn-taiyuan-kerusuhan

Bekas kerusuhan pabrik Foxconn di Taiyuan. Image: Kompas

Berita kurang sedap kembali menimpa Apple, namun kali ini bukan produknya melainkan pabrik Apple di China. Foxconn selaku pemasok produk Apple membenarkan kerusuhan yang terjadi pada Senin 1 Oktober 2012 kemarin. Kerusuhan kali kedua ini melibatkan karyawan divisi quality control dan divisi produksi.

Menurut Foxconn, perselisihan antar pekerja ini tidak sampai mengganggu produksi produk Apple. Fasilitas pun berjalan dengan baik. Foxconn juga membantah bahwa insiden ini akan mengganggu jadwal produksi iPhone 5.

Foxconn pun semakin ramai dibicarakan oleh publik Amerika Serikat karena diduga memperlakukan karyawan dengan tidak sepantasnya. Dalam penyelidikan ditemukan adanya pelanggaran undang-undang tenaga kerja China dalam hal keselamatan dan jam kerja.

Setelah diminta oleh organisasi AS di bidang hak-hak pekerja, Foxconn pun melakukan pembenahan. Sebanak 360 rekomendasi diberikan kepada Foxconn. 284 diantaranya sudah diselesaikan Foxconn, sisanya sebanyak 76 masukan masih belum diselesaikan.

Sebelumnya, pada Minggu 23 September 2012 kemarin terjadi kerusuhan pabrik Foxconn yang berlokasi di Taiyuan. Kerusuhan yang melibatkan sekitar 2000 pekerja itu membuat Foxconn terpaksa menutup pabriknya selama sehari penuh. Sekitar 40 pekerja terluka akibat insiden memalukan tersebut.

Baru pada Selasa pekerja kembali diperbolehkan masuk ke dalam pabrik yang masih terdapat sisa-sisa kerusuhan. Hingga kini penyebab pasti kerusuhan masih dalam proses penyelidikan.

ads

Ditulis Oleh : HANGGAR19 Hari: 14.08 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll