Selasa, 02 Oktober 2012

Inilah Alasan Kenapa Paus Terdampar dan Bangkainya Dilarang Dikonsumsi | Gugling

Inilah Alasan Kenapa Paus Terdampar dan Bangkainya Dilarang Dikonsumsi | Gugling

Link to Gugling

Inilah Alasan Kenapa Paus Terdampar dan Bangkainya Dilarang Dikonsumsi

Posted: 02 Oct 2012 09:23 AM PDT


Paus yang terdampar di NTT

Paus yang terdampar di NTT

Saat ada peristiwa terdamparnya paus yang biasanya kebanyakan mati, pasti ada warga yang beramai-ramai untuk sekedar menonton dan bahkan memotong-motong dagingnya. Ternyata daging bangkai paus tak baik untuk dimakan manusia!

Daging paus memiliki kandungan zat besi dan merkuri yang tergolong tinggi. Penelitian sudah membuktikan akan kebenaran ini. Seperti diketahui, zat bernama merkuri ini adalah zat jahat yang merugikan tubuh dan bisa merangsang pertumbuhan tumor. Selain itu juga menyebabkan gangguan saraf.

UU No 5 tahun 1990 juga memberikan larangan terkait satwa yang dilindungi ini. Dikatakan bahwa paus merupakan salah satu satwa yang dilindungi UU tersebut sehingga meskipun mati, warga tak seharusnya memotong dan memakan dagingnya seenaknya saja. Bahkan untuk sekedar diawetkan saja sudah dilarang.

Langkah yang paling baik ialah mengupayakan agar paus yang terdampar bisa kembali ke laut. Jika akhirnya paus harus mati di darat, maka sebaiknya dikuburkan atau dilarung ke laut.

Sebelumnya diberitakan bahwa ada 46 paus yang tedampar di NTT. Malangnya, 44 dari paus yang terdampar itu mati karena tak berhasil diselamatkan. Beberapa ekor paus yang mati tersebut dagingnya dipotong beramai-ramai oleh warga sekitar.

Kenapa paus bisa terdampar?

Penyebab banyaknya paus yang terdampar kali ini diduga ada dua, yakni faktor alam dan manusia. Faktor manusia termasuk limbah sedangkan faktor alam ialah pergerakan lempeng tektonik yang kemudian membuat navigasi paus menjadi kacau.

Karena paus yang terdampar di daerah yang memang menjadi jalur migrasinya itu, diduga ada sesuatu yang membuat paus tersebut mabuk. Limbah tambang di Selat Timor diduga sebagai penyebab terdamparnya paus dalam jumlah besar kali ini.

Biasanya, faktor alam tak membuat banyak paus terdampar. Karena itu, alasan limbah dirasa lebih masuk akal. Namun agar lebih pasti, pihak terkait akan berusaha meneliti penyebab terdamparnya paus di NTT tersebut.

Selamat Hari Batik Nasional 2012, Mari Bangga Mengenakan Batik

Posted: 01 Oct 2012 08:00 PM PDT


hari-batik-nasional-2-oktober

Batik, warisan budaya nenek moyang Indonesia yang diakui dunia. Image: joglonet.wordpress.com

Hari ini diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Masyrakat Indonesia dihimbau untuk menggunakan batik di Hari Batik Nasional ini. Setelah ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO pada 2010 silam, batik pun semakin terkenal dan memasyarakat.

Hari Batik Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober dimaksudkan agar masyarakat Indonesia menghargai, mencintai dan bangga batik yang adalah karya anak bangsa sendiri. Tak hanya menghargai dan menjadikan bagian dari kehidupan masyarakat Indonesia, batik juga diharapkan akan meningkatkan ekonomi kreatif tanah air.

Sejarahnya, pada 2 Oktober 2009 silam pemerintah sengaja menetapkan Hari Batik Nasional. SBY selaku presiden mengeluarkan KePres no. 33 tahun 2009 mengenai Hari Batik Nasional. Kenapa dipilih tanggal 2 Oktober?

Pada tanggal 2 Oktober, UNESCO secara resmi mengakui batik Indonesia yang dianggap sebagai warisan budaya dunia. Pengakuan UNESCO ini mewakili pengakuan internasional atas batik Indonesia sebagai bagian dari warisan budaya.

Baca Juga: Mari Mengenal Batik Indonesia

Batik sendiri berasal dari kata ‘ngembat’ dan ‘titik’. Artinya ialah melontarkan titik atau bisa juga disebut memberikan titik pada sebuah kain. Batik diketahui sudah berkembang sejak zaman Majapahit. Batik yang dulu hanya dipakai di kalangan keraton, kini bisa dinikmati oleh rakyat biasa.

Image negatif yang melekat pada batik dan sering salah kaprah ialah, batik adalah pakaian orang tua. Padahal seharusnya setiap orang dengan bangga mengenakan batik, karena itu mencerminkan warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia internasional.

Selain batik, ada keris dan wayang yang juga diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Selamat Hari Batik Nasional!

ads

Ditulis Oleh : HANGGAR19 Hari: 14.04 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar

 

Blogroll